Selamat datang di website www.sitaaulia.com - Website ini didedikasikan untuk mendukung dan menginspirasi para pendidik PAUD dalam mengupayakan pendidikan yang berkualitas, menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini. Jangan lupa ikuti website ini agar tidak ketinggalan informasi terbaru.
Cf4BPeFlaroIFLIYh8Q7vsYWTD3pZM4hLnHIwAEw

Gim Edukasi "Tebak Aku" - PPT Game

Gim edukasi digital merupakan inovasi terkini dalam dunia pendidikan yang menggabungkan unsur pendidikan dengan hiburan. Melalui platform digital, siswa dapat belajar dengan cara yang interaktif dan menyenangkan, menggunakan teknologi seperti simulasi, tantangan, dan elemen permainan. Dengan pendekatan ini, pembelajaran tidak lagi terbatas pada lingkup tradisional, melainkan memanfaatkan daya tarik teknologi untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam proses belajar.


Nama Gim : Gim "Tebak Aku"
Sasaran : Fase Fondasi Usia 4-6 Tahun
Gim edukasi ini merupakan gim pengenalan macam-macam binatang yang dikemas secara digital dengan cara yang menarik, menyenangkan dan sesuai dengan karakteristik anak.

Adapun tujuan pembelajaran dari gim ini adalah :
  1. Menumbuhkan rasa percaya kepada Tuhan melalui Ciptaan-Nya.
  2. Menambah wawasan anak mengenai kehidupan dunia binatang. 
  3. Menstimulasi daya berpikir kritis anak dan rasa ingin tahu anak.
  4. Mendorong ketertarikan dan partisipasi aktif anak dalam kegiatan pengenalan simbol, bunyi, dan bentuk huruf serta angka (Literasi dan numerasi).
Petunjuk penggunaan :
  1. Guru perlu mendiskusikan aturan main dengan murid terlebih dahulu (misal : saya menjawab/berpendapat dengan mengacungkan tangan kanan, aturan duduk, dll)
  2. Guru dapat mengajak anak untuk menyebutkan huruf yang ada pada tampilan awal game
  3. Klik “lanjut” , setelah itu diskusi dengan murid untuk memilih jenis hewan yang ini dimainkan
  4. Klik “gambar jenis hewan” untuk menuju ke halaman utama game
  5. Beri keleluasaan anak untuk memilih angka yang ingin di klik
  6. Untuk memancing rasa penasaran anak dan mengasah daya pikir kritis anak terkait hewan yang akan ditebak, guru bisa mengklik tombol suara pada bagian atas game
  7. Klik “lihat” untuk menampilkan gambar hewan
  8. Guru bisa mengajak anak untuk mengetahui kata hewan yang ditebak pada bagian bawah game 
  9. Apabila ingin kembali guru bisa klik tombol “restart atau kembali”
Gim edukasi ini bisa didownload melalui link dibawah ini :



Related Posts
Newest Older
Sita Aulia Rahma
Komite Pembelajaran Kemendikbud | Fasilitator PUSPEKA Kemendikbudristek | Guru Inspiratif Wardah 2023 | Seorang pendidik anak usia dini dengan cinta dan dedikasi memberikan pendidikan yang berkualitas, menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.

Related Posts

Post a Comment

About Me

Sita Aulia Rahma
Sita Aulia Rahma
Komite Pembelajaran Kemendikbud | Fasilitator PUSPEKA Kemendikbudristek | Guru Inspiratif Wardah 2023 | Seorang pendidik anak usia dini dengan cinta dan dedikasi memberikan pendidikan yang berkualitas, menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.
Visit profile